Motivasi belajar merupakan faktor krusial dalam memengaruhi hasil belajar siswa, khususnya pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Artikel ini merupakan kajian studi literatur yang menyoroti pengaruh motivasi belajar terhadap capaian akademik siswa SD, sekaligus mengidentifikasi bahaya masa depan, tantangan dari dalam dan luar sistem pendidikan, serta potensi penyimpangan jika masalah motivasi diabaikan. Melalui pendekatan analisis kritis terhadap berbagai penelitian terdahulu, artikel ini mengungkap faktor penyebab utama rendahnya motivasi siswa, akar masalah sistemik, serta keterbatasan pemahaman dalam penanganannya. Hasil kajian menunjukkan adanya isu mendasar yang belum tuntas ditangani, seperti minimnya intervensi berbasis konteks lokal, kurangnya pelatihan guru dalam memahami faktor psikologis anak, dan meningkatnya pengaruh radikalisme digital yang dapat menggantikan motivasi belajar dengan motivasi menyimpang. Kesimpulan dari artikel ini menegaskan urgensi penanganan multidimensi terhadap motivasi belajar siswa SD sebagai langkah preventif terhadap degradasi kualitas pendidikan di masa depan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025