Pendidikan sebagai investasi manusia yang berperan dalam proses pembangunan karakter dan intelektual suatu bangsa. Tolok ukur suatu bangsa yang maju dapat dilihat dari keberhasilan pendidikannya. Pendidikan harus mendapatkan perhatian khusus dan konsep yang matang agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan dalam perspektif yang berbeda, yaitu perspektif Al-Quran dan Al-Hadis yang berpusat pada Pendidikan Agama Islam di SMAN 5 Karawang. Tujuan dan isi atau materi pendidikan dalam perspektif Al-Quran dan Al-Hadist adalah tujuan yang mencakup pendidikan karakter yang cakupannya adalah memperoleh ilmu pengetahuan yang sehat secara jasmani (ahdaf al-jismiyyah), memperoleh kesehatan secara rohani (ahdaf al-ruhiyah), memperoleh akal yang sehat (ahdaf al-aqliyah), memperoleh kehidupan sosial yang bermanfaat di masyarakat. (ahdaf al-ijtima'iyah). Pendekatan deskriptif dan library research dalam penelitian ini sangat diperlukan untuk mencapai fakta dan realitas yang ada, khususnya perkembangan dalam dunia pendidikan Islam. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kajian terhadap Tafsir Tarbawi karya Ahmad Munir dan sumber-sumber lainnya, sedangkan untuk data sekunder menggunakan buku-buku dan jurnal-jurnal ilmiah yang berkaitan dengan tujuan pendidikan. Dari hasil penelitian dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan penelitian kepustakaan, diperoleh informasi bahwa di dalam Al-Quran terdapat beberapa istilah pendidikan diantaranya tarbiyah, ta'dib, ta'lim dan tazkiyah. Tujuan pendidikan pada akhirnya adalah membentuk manusia menjadi insan kamil dan bermanfaat bagi lingkungannya. Materi pendidikan dibagi menjadi 2 bidang, yaitu bidang ilmu-ilmu keislaman dan bidang ilmu-ilmu sosial dan eksakta.
Copyrights © 2024