Socius: Social Sciences Research Journal
Vol 2, No 12 (2025): July 2025

Pengaruh Profesionalisme Guru BK Terhadap Pelaksanaan Bimbingan Konseling di Sekolah

Herman, Pebriani Yusnia (Unknown)
Syukur, Yarmis (Unknown)
Taufik, Taufik (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2025

Abstract

Pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling (BK) di sekolah sangat bergantung pada profesionalisme guru BK sebagai pelaksana utama layanan tersebut. Masih rendahnya pemahaman terhadap fungsi strategis BK serta adanya persepsi negatif di lingkungan sekolah menunjukkan pentingnya meningkatkan kualitas profesionalisme guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara konseptual bagaimana profesionalisme guru BK berpengaruh terhadap efektivitas pelaksanaan layanan BK di sekolah. Metode yang digunakan adalah literature review dengan menelaah berbagai jurnal dan sumber ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK yang profesional mampu menyusun layanan secara sistematis, menjalankan tugas sesuai kode etik, dan menjalin hubungan efektif dengan siswa maupun stakeholder sekolah lainnya. Profesionalisme guru BK terbukti berdampak pada meningkatnya kualitas layanan, kenyamanan psikologis siswa, serta pencegahan konflik dan masalah perilaku di sekolah. Namun, tantangan seperti keterbatasan kompetensi, latar belakang pendidikan non-BK, dan kurangnya pelatihan masih menjadi hambatan. Oleh karena itu, penguatan profesionalisme perlu dilakukan secara berkelanjutan melalui supervisi dan dukungan institusional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Socius

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial is a multi and interdisciplinary peer-reviewed academic research journal serving the broad social sciences community. The journal welcomes excellent contributions that advance our understanding on a broad range of topics including anthropology, sociology, ...