Kesulitan siswa dalam menulis karangan narasi adalah salah satu permasalahan yang sering terjadi pada jenjang Sekolah Dasar, terutama di kelas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesulitan dan faktor faktor yang mempengaruhi kesulitan menulis karangan narasi yang dialami siswa kelas V SD Negeri 1 Kedungwuluh Kidul. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Analisis data melalui tahapan Miles dan Huberman, meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa siswa kelas V SD Negeri 1 Kedungwuluh Kidul mengalami berbagai kesulitan dalam menulis karangan narasi, seperti: (1) menyampaikan ide pokok atau gagasan, (2) menyusun paragraf, (3) penggunaan ejaan dan tanda baca, pemilihan kosakata, (4) percaya diri saat menulis. Kesulitan tersebut dipengaruhi oleh faktor internal seperti daya ingat dan motivasi belajar, serta faktor eksternal seperti kurangnya perhatian orang tua, lingkungan yang kurang mendukung, dan pengaruh media sosial. Disarankan guru menerapkan bimbingan belajar, orang tua mendukung belajar di rumah, serta sekolah menyediakan fasilitas sesuai perkembangan zaman untuk membantu mengatasi kesulitan menulis karangan narasi.
Copyrights © 2025