JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol. 13 No. 2 (2025): December 2025

E-LKPD Berbasis Experiential Learning Menggunakan Liveworksheets pada Materi Asam-basa

Augia, Lona (Unknown)
Copriady, Jimmi (Unknown)
Susilawati, Susilawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis experiential learning menggunakan liveworksheets pada materi asam basa yang valid berdasarkan aspek kelayakan isi, karakteristik model experiential learning, pedagogik, bahasa dan kegrafisan. Tujuan lain yaitu mengetahui respon pengguna E-LKPD. Penelitian ini termasuk dalam Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki lima tahapan yaitu analysis (menganalisis), design (merancang), development (mengembangkan), implementation (mengimplementasi) dan evaluation (mengevaluasi). Hasil validasi oleh validator materi berdasarkan aspek-aspek kelayakan isi, aspek karakteristik model experiential learning, aspek pedagogik, aspek bahasa dan aspek kegrafisan berturut-turut adalah 85,93%, 87,5%, 83,33%, 100% dan 100% dengan kategori kelayakan valid. Hasil validasi oleh validator media berdasarkan ukuran E-LKPD, desain sampul E-LKPD dan desain isi ELKPD berturut-turut adalah 100%, 100% dan 100% dengan kategori kelayakan valid. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam membangun pengetahuannya melalui konteks penglaman nyata dan menciptakan proses pembelajaran yang lebih dan bermakna secara efektif dan efisien.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...