JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol. 13 No. 2 (2025): December 2025

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Energi Terbarukan melalui PjBL-STEM dengan Design Thinking

Anggraini, Windi (Unknown)
Saqila, Maya Shinta (Unknown)
Suryadi, Ahmad (Unknown)
Suwarna, Iwan Permana (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Kemampuan berpikir kritis di Indonesia khususnya dalam pembelajaran fisika masih tergolong rendah. Salah satu alternatif yang dinilai efektif untuk mengatasi permasalahan ini adalah model PjBL-STEM dengan Design Thinking (DT). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Project based Learning (PjBL)-STEM yang dipadukan dengan DT terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi energi terbarukan. Metode yang digunakan adalah quasi-experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel terdiri dari 69 peserta didik kelas X dari salah satu SMA swasta di Tangerang Selatan yang dipilih secara teknik purposive sampling. Hasil post-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen (M = 59,98) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (M = 51,56), dengan nilai signifikansi 0,03 effect size Cohen’s d sedang (r = 0,5) dan skor N-Gain kategori sedang (0,49). Meski terlihat adanya peningkatan, kemampuan berpikir kritis peserta didik secara umum masih tergolong rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan design thinking dalam PjBL STEM dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, terutama pada topik seperti energi terbarukan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...