Artikel ini membahas penerapan metode Bermain cerita menyanyi di TPA Al Barokah Desa Manuk Kecamatan Siman Ponorogo untuk meningkatkan pemahAl Barokah siswa terhadap syarat kecakapan ibadah amaliyah. Dengan pendekatan yang interaktif, metode ini mengintegrasikan kartu cerita interaktif, permainan edukatif, dan media audio visual, sehingga siswa dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, pengembangan sarana pendidikan, pelatihan pengajar, dan program motivasi diharapkan dapat mendukung implementasi metode ini secara efektif. Hasil dari penerapan metode ini menunjukkan peningkatan minat dan partisipasi siswa, serta pemahAl Barokah yang lebih baik tentang nilai-nilai ibadah. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler dan sistem manajemen kelas yang baik, lingkungan belajar yang kondusif dapat tercipta. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kolaborasi antara pengajar, siswa, dan pihak terkait sangat penting untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna dan berdampak. Diharapkan, metode ini dapat menjadi model bagi TPA lainnya dalam mendukung pendidikan agama yang lebih baik dan menyenangkan.
Copyrights © 2025