Jurnal Studi Islam dan Sosial
Vol 6 No 1 (2025): Lisyabab, Jurnal Studi Islam dan Sosial

Analisis Gaya Komunikasi Dakwah K.H. Ahmad Bahauddin Nursalim dengan Pendekatan Persuasif dan Logis di Kanal Youtube Pengajian Gus Baha

Anggrainy, Septy (Unknown)
Arifin, Gilang Sakti (Unknown)
Rosidi, Rosidi (Unknown)
Faiz, Achmad Zaky (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Kanal Youtube Pengajian Gus Baha yang telah memiliki 493 ribu subscribers per 21 November 2024 menunjukkan popularitasnya sebagai salah satu media dakwah yang efektif di era digital. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya komunikasi dakwah yang digunakan Gus Baha serta pendekatan persuasif dan logistik yang diterapkan dalam menyampaikan pesan-pesan keagamaan melalui ceramah di kanal Youtube tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis gaya komunikasi dakwah KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) dengan menggunakan pendekatan persuasif dan logistik. Data primer diperoleh dari hasil observasi terhadap konten ceramah Gus Baha yang diunggah di kanal Youtube Pengajian Gus Baha dan respon audiens melalui komentar. Data sekunder diperoleh dari literatur-literatur yang relevan terkait dengan gaya komunikasi, metode dakwah, dan pendekatan persuasif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi tidak langsung terhadap ceramah-ceramah yang disiarkan di Youtube. Selanjutnya, teknik analisis data menggunakan metode analisis isi Krippendorff yang didukung oleh pendekatan persuasif Yale milik Carl Hovland untuk memahami bagaimana Gus Baha menyusun ceramahnya secara sistematis dan persuasif serta bagaimana gaya komunikasinya diterima oleh khalayak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gus Baha menerapkan gaya komunikasi yang sederhana namun efektif dalam ceramahnya di Youtube, dengan menyisipkan humor dan bahasa yang ringan sehingga menciptakan suasana yang cair dan menyenangkan. Penggunaan gaya bahasa seperti ironi dan retorika lainnya memperdalam pesan secara persuasif. Gaya komunikasi monologis yang dipadukan dengan pendekatan persuasif yang berlandaskan kredibilitas dan logika membuat khalayak lebih mudah menerima pesan dakwah. Melalui platform Youtube, Gus Baha berhasil menjangkau khalayak yang luas dan memberikan dampak positif bagi pemahaman dan kehidupan spiritual mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lisyabab

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Lisyabab diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Staimas Wonogiri. Jurnal Lisyabab mengundang akademisi, peneliti, pakar dan pengamat untuk menganalisisa secara mendalam dan mengembangkan isu baru yang berhubungan dengan bidang sosial dan studi Islam antara lain studi Agama ...