IJoEd: Indonesian Journal on Education
Vol. 1 No. 4 (2025)

Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran PAI

Noviyanti, Shobihatul Fitroh (Unknown)
Sapira, Dinda Delita (Unknown)
Daraini, Siti Sa’idatut (Unknown)
Nurhaliza, Intan (Unknown)
Afifah, Syarifah Izzatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2025

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Merjosari 3 Kota Malang dilakukan secara bertahap, dimulai dari kelas I dan IV, kemudian kelas II dan V, dan terakhir kelas III dan VI. Sebagian kelas mengintegrasikan Kurikulum 2013 dalam materi dan Kurikulum Merdeka dalam metode pengajaran. Untuk mendukung implementasi tersebut, sekolah mengadakan kegiatan Komunitas Belajar (KOBEL) setiap hari Jumat, yang berfungsi sebagai wadah bagi guru untuk meningkatkan kompetensi, khususnya dalam pemanfaatan teknologi pendidikan. Kegiatan ini juga menjadi forum refleksi bersama untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat ditemukan solusi yang tepat dan kontekstual. Selain itu, penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dilakukan secara terstruktur dan melibatkan seluruh elemen sekolah, termasuk siswa, guru, dan orang tua, dengan tujuan membentuk karakter siswa yang berintegritas dan siap menghadapi dinamika sosial. Evaluasi secara berkala dan kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat menjadi kunci dalam memastikan keberhasilan implementasi kurikulum ini, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan generasi masa depan yang kompeten dan adaptif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijoed

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal on Education (IJoEd) is a peer-reviewed open-access journal established for disseminating state-of-the-art knowledge in the field of education. This journal is published annually in March, June, September, and December by LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan. Indonesian Journal on ...