Dalam konteks Pendidikan, belajar menjadi bagian yang sangat penting karena merupakan proses perubahan perilaku, dari tidak mampu menjadi mampu, dan dari tidak memahami menjadi memahami setelah melalui proses pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar Seni Musik pada siswa kelas V SD Inpres 6/75 Manurunge Kabupaten Bone. Metode penelitian kuantitatif jenis penelitian eksperimental dengan desain penelitian pre-experimental design berbentuk one-group pretest-posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 6/75 Manurunge Kabupaten Bone dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar Seni Musik siswa sebelum pernerapan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) terlihat pada data pretest berada pada kategori cukup dengan perolehan rata-rata (mean) sebesar 53,33. Sesudah diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) terlihat pada data posstest hasil belajar Seni Musik siswa berada pada kategori bak sekali dengan perolehan rata-rata (mean) sebesar 85. (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar Seni Musik pada siswa kelas V SD Inpres 6/75 Manurunge Kabupaten Bone dibuktikan melalui (Uji-T) dimana nilai t- tabel (13,201) > t- hitung (2,08596).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025