IJoEd: Indonesian Journal on Education
Vol. 1 No. 4 (2025)

Analisis Keterlaksanaan Tata Tertib Sekolah Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 13 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone

Jauhar, Sitti (Unknown)
Jafar, Muhammad Idris (Unknown)
Putri, Asjianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahuiKeterlaksanaan Tata Tertib Sekolah Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 13 Biru Kecamatan Tanete RiattangKabupaten Bone. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru, 3 orang siswa, dan 3 orang tua siswa.Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Pemeriksaankeabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalampenelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa siswa telah memahami, melaksanakan, dan disiplin tanpa ada kendala dalammematuhi tata tertib sekolah. Walaupun terkadang ada siswa yang melakukan pelanggaran tetapi tidaksering terjadi. Faktor-faktor yang mempengaruhi keterlaksanaan tata tertib sekolah adalah lingkunganteman sebaya, kebiasaan yang diajarkan sejak dini, guru dan orang tua juga berperan penting dalamketerlaksanaan tata tertib sekolah seperti mengingatkan, mengarahkan, mendidik, dan membimbingsiswa. Selain itu, pengawasan dan pemberian contoh dari guru juga sangat berperan dalam meningkatkankedisiplinan siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijoed

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal on Education (IJoEd) is a peer-reviewed open-access journal established for disseminating state-of-the-art knowledge in the field of education. This journal is published annually in March, June, September, and December by LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan. Indonesian Journal on ...