Abstrak. Kemajuan teknologi digital menuntut pendidik untuk mengintegrasikan media digital dalam pembelajaran. Salah satu platform yang mendukung pembelajaran interaktif adalah Canva, aplikasi desain daring yang memungkinkan penyusunan materi ajar secara visual dan menarik. Penelitian ini menggambarkan pelaksanaan dan dampak pelatihan penggunaan Canva yang dilaksanakan oleh tim Kampus Mengajar Angkatan 8 di SMP Negeri 2 Bajeng Barat, sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kompetensi guru. Pelatihan dirancang secara kontekstual sesuai tantangan wilayah semi-urban, seperti keterbatasan teknologi dan literasi digital. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, pelatihan melibatkan observasi, praktik, dan evaluasi. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas guru sebelumnya belum mengenal Canva dan masih mengandalkan metode ceramah. Namun, setelah pelatihan dua hari, sebagian besar peserta berhasil membuat media ajar visual seperti poster, presentasi, dan kuis interaktif. Media ini terbukti meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa, serta menumbuhkan rasa percaya diri guru dalam pemanfaatan teknologi. Pelatihan ini juga memicu terbentuknya komunitas berbagi antar guru, menunjukkan potensi Canva sebagai sarana pengembangan profesional berkelanjutan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025