Joong-Ki
Vol. 4 No. 3: Mei 2025

Penyusunan E-Text Literacy Assessment Berbantuan Facilitating Reading Aloud oleh Guru Upaya Peningkatan Nilai Rapor Pendidikan

Panca Dewi Purwati (Unknown)
Aldina Eka Andriani (Unknown)
Dewi Nilam Tyas (Unknown)
Muh. Badrus Siroj (Unknown)
Nur Ummi Afifah (Unknown)
Radita Hasanah (Unknown)
Nafisa Alfazuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2025

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini dilatarbelakangi oleh nilai literasi dalam rapor pendidikan SD di Gugus Dwarawati Kota Semarang mengalami penurunan. Diprediksi penyebab utamanya adalah minat baca rendah dan kerawanan membaca. Guru sebagai evaluator perlu ditingkatkan pengetahuan tentang instrumen asesmen literasi digital melalui pelatihan penyusunan e-text literacy assessment berbantuan facilitating reading aloud, selanjutnya disebut penyusunan asesmen literasi digital berbantuan suara. Instrumen ini menggunakan aplikasi google drive dan google formulir, agar siswa rawan membaca dapat memanfaatkan suara yang disematkan dalam setiap soal yang ditampilkan dengan menarik. Ada dua tujuan dalam pengabdian ini: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pengabdian, dan 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan peserta pelatihan dalam menyusun asesmen literasi digital berbantuan suara dan selanjutnya menerapkannya pada siswa kelas IV. Metode peer tutoring tipe class wide peer tutoring (CWPT) sejalan dengan tujuan yang akan dicapai dalam pengabdian ini. Prapelatihan dilakukan identifikasi jumlah siswa rawan membaca untuk diberikan penanganan melalui literasi dasar berbantuan buku leveling Pelita, Petualangan Literasi Terbaik Siswa. Pelatihan dilakukan dengan menerapkan model project based learning (PjBL) yang berlangsung secara daring dan luring. Asesmen yang baik untuk semua siswa, termasuk siswa yang rawan membaca perlu dibuat jadwal pelaksanaannya, hingga penyajian produk asesmen tersebut. Berdasarkan hasil pelatihan diperoleh peningkatan kemampuan peserta pelatihan sebesar 34,52(dari 43, 98menjadi 78,50). Produk pelatihan berupa asesmen literasi digital berbantuan suara selanjutnya dikemas menjadi Asesmen Kompetensi (AKM) Kelas. Instrumen tersebut diujicobakan keefektifannya pada siswa kelas masing-masing, khususnya kelas IV. Hasil uji keefektifan penerapan asesmen digital tersebut menandakan tingkat keterampilan peserta pelatihan. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan penyusunan e -text literacy assessment berbantuan facilitating reading aloud di Gugus Dwarawati Kota Semarang efektif untuk meningkatkan kemampuan guru menyusun asesmen digital berbantuan suara dan diprediksi dapat meningkatkan nilai rapor pendidikan, khususnya capaian kemampuan literasi membaca, pada siswa kelas V pada pelaksanaan ANBK jenjang sekolah dasar di jenjang Gugus Dwarawati Kota Semarang tahun 2026.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Joong-Ki

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science

Description

Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. Joong-Ki merupakan jurnal (Open Journal System) dari berbagai hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya ekonomi, pendidikan, teknik, pertanian, sosial dan ...