Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 25 No 1 (2025): Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan

Evolusi Dalam Perspektif Islam Dan Sains: Mengurai Miskonsepsi Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Tinjauan Literatur

Apriyoza, Wandra (Unknown)
Fadilah, Muhyiatul (Unknown)
Ardi, Ardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2025

Abstract

Teori evolusi telah menjadi landasan dalam biologi modern, menyediakan kerangka kerja untuk memahami keanekaragaman hayati melalui seleksi alam dan mekanisme genetik. Namun, dalam konteks agama, khususnya Islam, teori ini sering menimbulkan kesalahpahaman antara Islam dan sains mengenai narasi penciptaan/asal usul manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menjembatani kesalahpahaman tentang evolusi dalam Islam dan sains melalui diskusi literatur ilmiah dan teologis, dengan fokus pada pendidikan biologi. Metodologi yang digunakan adalah analisis literatur sistematis yang mencakup artikel ilmiah, tafsir Al-Qur'an, dan pendekatan filosofis yang terkait dengan hubungan antara agama dan sains. Hasil yang diharapkan adalah integrasi konsep evolusi dengan pandangan Islam yang dapat memperkaya pendidikan biologi di lingkungan pendidikan tinggi tanpa menimbulkan konflik nilai.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education

Description

The field of education that is the main focus of this journal is the Administration of Education, Guidance and Counseling, Educational Technology, Elementary School Teacher Education, Early Childhood Education Teacher Education, Extraordinary Education, Outside School Education. The main focus ...