Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Belajar Chest pass Siswa Kelas X P7 SMA Negeri 1 Pare melalui metode bermaindapat meningkatkan keterampilan Chest pass pada permainan 3X3 bolabasket. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Banyaknya sampel pada penelitian ini 34 siswa. Instrumen yang digunakan berupa observasi dan teknik tes. Metode analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada komponen pengetahuan secara keseluruhanpada persentase siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 82%, Pada siklus II, terjadi peningkatan persentase peserta didik yang berhasil mencapai ketuntasan sebanyak 91%. Hasil belajar siswa pada komponen keterampilan pada siklus I, secara keseluruhan persentase peserta didik yang tuntas sebanyak 59%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan persentase peserta didik yang tuntas sebanyak 82%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan motode bermain dalam pembelajaran memberikan dampak dalam peningkatan hasil belajar Chest pass pada pembelajaran bolabasket.
Copyrights © 2025