JPNM : Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin
Vol. 3 No. 2 (2025): July : Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin

Implementasi Sistem Blok dalam Kurikulum Pendidikan Kejuruan: Studi Kasus di SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Sodiq, Jafar (Unknown)
Intizam, Ikhsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi sistem blok dalam kurikulum pendidkan kejuruan di SMK Muhammadiyah 3 Weleri beserta kelebihan dan kekurangannya. Sistem blok adalah pendekatan pembelajaran yang mengatur waktu pembelajaran lebih intens dengan durasi yang cukup panjang pada tiap pertemuan yang memungkinkan pendalaman materi secara lebih optimal. Metode penelitian yang digunakan ialah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari observasi, wawancara terhadap guru dan juga siswa. uji keabsahan data dengan teknik triangulasi dan analisis data dengan langkah pengumpulan, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem blok memiliki dampak positif terhadap pemahaman materi yang lebih mendalam serta fokus pembelajaran dan evaluasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpnm

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JPNM: Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin is an open access journal, and a peer-reviewed journal. Our main goal is to disseminate current and original articles from academics, researchers and practitioners in the fields of Humanities and social sciences, Contemporary political science, Education ...