Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Sea and Land meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak. Sampel penelitian ini sebanyak 31 dengan tipe anak Kelompok B usia 5-6 tahun yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi yang terstruktur. Analisis data yang digunakan yaitu Wilcoxon Singned Ranks Test. Temuan utama dalam penelitian ini menujukkan bahwa media yang digunakan guru belum efektif dalam pelaksanaannya, sehingga kemampuan berhitung permulaan anak belum berkembang dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berhitung permulaan anak Kelompok B Kelas B1 TK Negeri Pembina Sungai Kakap mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 14,9 dengan kategori mulai berkembang (MB) menjadi 27,7 dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Terbukti dari hasil uji efektivitas N-gain menunjukkan bahwa media pembelajaran Sean and Land efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak dengan nilai taksiran sebesar 0,7685 atau 76,85%. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa sea and land berpangaruh bagi hasil belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025