Jurnal Edukasi
Vol. 3 No. 3 (2025): Jurnal Edukasi

Stimulasi Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun dengan Metode Bernyanyi di TK Santa Lusia Nyarumkop Singkawang Timur

Dwi Utami, Hendrika (Unknown)
Ghozali, Imam (Unknown)
Amalia, Annisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode bernyanyi dalam stimulasi kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Santa Lusia Nyarumkop, Singkawang Timur. Penelitian ini berfokus pada bagaimana metode bernyanyi membantu anak mendengarkan, membedakan, dan mengucapkan bunyi tertentu, berkomunikasi secara lisan dengan teman sebaya, serta memperkaya kosa kata. Penelitian dilakukan dengan metode lapangan melalui observasi dan wawancara dengan guru. Teknik pengolahan data ialah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas bernyanyi yang disesuaikan dengan tema pembelajaran, seperti binatang dan buah-buahan, efektif meningkatkan artikulasi, kemampuan komunikasi, dan pengayaan kosa kata anak. Pengulangan lirik lagu yang relevan membantu memperkuat kosa kata dan meningkatkan kemampuan berbicara. Studi ini menegaskan pentingnya strategi pembelajaran yang inovatif untuk mendukung perkembangan bahasa pada pendidikan anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Edukasi akan mempublikasikan karya ilmiah yang mencakup tentang hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan seperti, teori dan praktik pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen pendidikan, kurikulum dan teknologi pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan keagamaan, pendidikan bahasa, ...