Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode bernyanyi dalam stimulasi kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Santa Lusia Nyarumkop, Singkawang Timur. Penelitian ini berfokus pada bagaimana metode bernyanyi membantu anak mendengarkan, membedakan, dan mengucapkan bunyi tertentu, berkomunikasi secara lisan dengan teman sebaya, serta memperkaya kosa kata. Penelitian dilakukan dengan metode lapangan melalui observasi dan wawancara dengan guru. Teknik pengolahan data ialah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas bernyanyi yang disesuaikan dengan tema pembelajaran, seperti binatang dan buah-buahan, efektif meningkatkan artikulasi, kemampuan komunikasi, dan pengayaan kosa kata anak. Pengulangan lirik lagu yang relevan membantu memperkuat kosa kata dan meningkatkan kemampuan berbicara. Studi ini menegaskan pentingnya strategi pembelajaran yang inovatif untuk mendukung perkembangan bahasa pada pendidikan anak usia dini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025