Prokrastinasi akademik adalah perilaku menunda-nunda tugas yang diberikan oleh guru dengan mengerjakan atau melakukan hal-hal yang lebih menyenangkan baik itu bermain dengan teman, bermain game, bolos dan bermain handphone sebelum mereka belajar atau mengerjakan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah ada pengaruh interaksi teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik siswa dikelas XI SMA Adhyaksa Kota Jambi. Penelitian ini meneliti tentang interaksi teman sebaya yang memiliki aspek yaitu keterbukaan, kerjasama dan frekuensi hubungan pada suatu hubungan antara teman sebaya. Prokrastinasi yang dimaksud yaitu pada penundaan untuk memulai dan menyelesaikan tugas, keterlambatan dalam mengerjakan tugas, kesenjangan waktu antara rencana dan tindakan dan melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Expost-Facto. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah kelas XI dengan menggunakan teknik random sampling dengan sampel yang diteliti sebanyak 104 siswa dengan instrument yang digunakan angket dan wawancara serta untuk mengetahui besar pengaruh menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh interaksi teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik siswa di SMA Adhyaksa Kota Jambi berada pada persentase 12,2% atau 0,122 dengan klasfikasi rendah tapi pasti. Dengan demikian semakin tinggi interaksi teman sebaya yang terjadi maka rendah pula prokrastinasi akademik di kelas XI SMA Adhyaksa Kota Jambi.
Copyrights © 2025