Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dalam meningkatkan perkembangan sosioemosional (emosi) peserta didik kelas VII di MTs Sunan Giri Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental One Group Pre-test-Post-test Design. Sampel terdiri dari 10 siswa yang dipilih menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria perkembangan sosioemosional yang rendah. Data dikumpulkan melalui skala perkembangan sosioemosional dan dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji-t berpasangan. Hasil penelitian mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test, dengan peningkatan rata-rata dari 26,20 menjadi 40,70. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) jadi Ha diterima dan Ho ditolak, yang mengindikasikan bahwa teknik role playing dalam bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan kesadaran diri, motivasi, empati, keterampilan sosial, dan kemampuan mengelola emosi peserta didik. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing mampu meningkatkan perkembangan sosioemosional (emosi) peserta didik kelas VII MTs Sunan Giri Surabaya. Kata kunci: Perkembangan Sosioemosional; Teknik Role Playing; Bimbingan Kelompok
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025