Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton
Vol. 11 No. 2 (2025): Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia

Analisis Tindak Pidana Penipuan Scam dan Spam di Kota Bekasi

Rahmadina, Wilsa (Unknown)
Machmud, Aris (Unknown)
Fuad, Fokky (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisys pencegahan penipuan scam/spam pada masyarakat. Mentode penelitan dalam artikel ini menggunakan yuridis empiris dengan pendekatan peraturan perundang-undangan dan menggunakan metode studi lapangan berupa wawancara dengan responden. Kesimpulan dalam artikel ini menunjukan bahwa penipuan melalui SPAM/SCAM sangat mengkhawatirkan dan perlu penanganan secara komprehensif dari apparat penegak hukum baik menindaklanjuti pengaduan masyarakat (Dumas) maupun melalui tindakan preventif untuk mengantisipasi kejadian di masa yang akan datang dan meminimalisir dampak kerugian yang dialami oleh masyarakat khususnya di wilayah Bekasi. Diperlukan suatu koloborasi dan partisipasi aktif dari para pemangku kepentingan untuk menghentikan tindakan pidana penipuan secara digital ini, baik dari masyarakat, apparat penegak hukum dan pemerintah, baik berupa tindakan ansipasi maupun pengakan hukum yang ketat. Memberikan sosialiasi kepada korban untuk jangan takut melaporkan tindak pidana penipuan ini melalui Dumas, dan apparat penegak hukum dapat melakukan tindakan preventif untuk mencegah terulangnya tindakan penipuan tersebut. Peningkatan sarana dan prasana digital yang memadai yang dapat mendeteksi tindakan penipuan melalui SPAM dan SCAM.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Pencerah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton seeks Review articles, Case reports and original contributions from all areas of: Social Science and Humanities: Arts and Humanities, Business Management, Hotel Management, Management, Tourism, Accounting, Decision Science, Education, ...