Dinamika perkembangan global berbasis teknologi digital turut mempengaruhi para pelaku kegiatan di berbagai sektor. Tidak terkecuali pada dunia Pendidikan, penggunaan teknologi informasi telah menjadi bagian dalam kegiatan sehari-hari. Di Lembaga Pendidikan Akademi Militer sejak tahun 2018 telah menerapkan penggunaan program jaringan fiber optic dari komando atas. Selanjutnya para peserta didik dapat menggunakan fasilitas tersebut termasuk akses internet. Pada pelaksanaannya penggunaan internet bertujuan untuk memfasilitasi para taruna dalam mengakses ilmu pengetahuan dan informasi lainnya yang dibutuhkan dalam menunjang proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penggunaan internet oleh Taruna Darat di Lembaga PendidikanAkademi Militer, dan (2) untuk mengetahui persepsi Taruna tentang peran internet dalam menunjang pembentukan Tripola Dasar taruna Akademi Militer. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Objek penelitian adalah peran internet dalam peningkatan prestasi belajar Taruna Darat Akademi Militer. Subjek yang diteliti pada penelitian ini adalah mahasiswa/Taruna Akademi Militer tingkat III/Madya.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Taruna Akademi Militer. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 150 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Analisis data penelitian dilakukan melalui analisis deskriptif dan analisis tabulasi silang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan internet dan media social oleh taruna darat memiliki pengaruh yang signifikan terhadappembentukan Tripola Dasar terutama pada aspek Ilmu Pengetahuan & Ketrampilan dan aspek Kepribadian. Secara parsial, hasil dari penggunaan waktu dalam mengakses internet dan media social dapat meningkatkan nilai-nilai; kedisiplinan, kemandirian, kreatifitas dan keberanian berpendapat. Hasil analisa tabel silang menunjukkan bahwa 97,3 % ilmu pengetahuan taruna meningkat dengan penggunaan akses internet. Yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar Taruna Darat.
Copyrights © 2025