Ta'bir Al-'Arabiyyah
Vol 3 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Ilmu Kebahasaaraban

Analisis Pemanfaatan Video Kartun Berbahasa Arab Untuk Meninggkatkan Keterampilan Bebicara Siswi Tingkat Menegah

nurfazri, aulidina (Unknown)
Rahmat Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif untuk mengevaluasi penggunaan video kartun berbahasa Arab dalam upaya meningkatkan kemampuan berbicara (maharah kalam) siswi tingkat menengah. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan siswi, observasi pelajaran bahasa Arab, serta dokumentasi proses pembelajaran. Temuan lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar siswi memberikan respons positif terhadap pemanfaatan media video kartun: mereka menjadi lebih bersemangat, termotivasi, dan mengalami peningkatan dalam pemahaman kosakata maupun struktur kalimat. Beberapa siswi juga mengaku lebih mudah menirukan intonasi dan memperkaya kosakata setelah mengikuti dialog dalam kartun. Meski demikian, ada kendala yang muncul, seperti kecepatan pelafalan penutur asli dalam video yang sulit diikuti serta keterbatasan fasilitas (misalnya koneksi internet dan ketersediaan proyektor). Berdasarkan analisis tematik, video kartun dinilai efektif sebagai media pembelajaran maharah kalam karena perpaduan elemen visual dan audio-nya mampu memotivasi siswi serta menyajikan materi secara lebih menarik dan mudah dipahami.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Attabirat

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Teaching Arabic as a Foreign Language, Arabic learning innovation, Arabic education, Arabic learning Method, Methods of Arabic Teaching, Media of Arabic Teaching, Arabic Linguistic, Arabic Literature, History of Arabic Education, Strategy of Arabic Teaching, Teaching Media of Arabic, Teaching ...