Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara mendalam tentang model pembinaan Akhlakul Karimah Pada Siswa SMA Swasta Ar-Rahman Kecamatan Helvetia. Pada Siswa SMA Swasta Ar-Rahman Kecamatan Helvetia. Mengetahui metode-metode yang digunakan, serta mengetahui factor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian Pada Siswa SMA Swasta Ar-Rahman Kecamatan Helvetia, sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan antropologis dan ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang metode penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskri[tif analitik, yaitu memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa pelaksanaan pembinaan akhlak di Pada Siswa SMA Swasta Ar-Rahman Kecamatan Helvetia sudah berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan, hal ini bisa dilihat dari tingkah laku keseharian siswa, seperti dalam hal berbicara, baik dengan guru, teman, maupun masyarakat sekitar. Faktor pendukung dalam pembinaan akhlak siswa Pada Siswa SMA Swasta Ar-Rahman Kecamatan Helvetia, adanya kerja sama dengan semua guru mata pelajaran dan para wali kelas mengenai informasi tentang keadaan siswa, diadakannya buku-buku paket di perpustakaan sehingga memudahkan siswa memperoleh buku dengan meminjam. Sedangkan faktor penghambat dalam pembinaan akhlak siswa Pada Siswa SMA Swasta Ar-Rahman Kecamatan Helvetia adalah kurangnya dukungan dari keluarga, lingkungan, siswa berada di dalam pergaulan sesama mereka yang sebaya mempunyai tingkat ego yang sama sehingga terkadang sering timbul konflik. BK sekolah tidak mempunyai waktu klasikal yang tetap. pergaulan siswa di luar jam pelajaran dengan lingkungan luar yang terkadang membawa ke arah yang negatif.
Copyrights © 2025