Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma
Vol 6 No 1 (2025): Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma

Fun games sebagai Strategi Peningkatan Aktivitas Daya Tarik dan Minat Siswa dalam Pelatihan Sepak Bola

Syahrul, Muhammad (Unknown)
Darminto, Andi Ogo (Unknown)
Ilahi, Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2025

Abstract

Penerapan permainan yang menyenangkan dalam pelatihan sepak bola telah terbukti sebagai strategi yang krusial dalam meningkatkan partisipasi dan minat siswa. Melalui berbagai jenis permainan, seperti knee tag dan waiter games, motivasi siswa dapat meningkat secara signifikan. Pendekatan ini tidak hanya membuat sesi latihan sepak bola menjadi lebih menarik, tetapi juga berperan penting dalam pengembangan keterampilan dasar sepak bola bagi siswa. Tujuan dari integrasi permainan dalam pelatihan sepak bola ini adalah untuk meningkatkan motivasi siswa, serta meningkatkan kebugaran fisik mereka selama sesi latihan. Kegiatan ini telah diimplementasikan di MTs Nurul Iksan, di mana siswa kelas 8 terlibat secara langsung dalam pelatihan yang dilakukan secara luring. Pelaksanaan program ini mengadopsi pendekatan partisipatif dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis permainan (games-based learning). Kegiatan pengabdian ini melibatkan siswa MTs Nurul Iksan dan memiliki target menjadikan pelatihan sepak bola lebih menarik dan menggembirakan. Melalui pendekatan yang berfokus pada permainan, siswa diharapkan lebih termotivasi untuk belajar dan berlatih olahraga. Kegiatan pengabdian ini dapat menjadi penunjang dalam pencapaian tujuan program pembangunan berkelanjutan atau SDGs pada poin ke 4 yaitu pendidikan yang berkualitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkwk

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma merupakan jurnal ilmiah yang berisi kumpulan artikel yang berasal dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Lingkup Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma mencakup seluruh kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang sains, teknologi, sosiohumaniora, atau ...