PESHUM
Vol. 4 No. 4: Juni 2025

Pemanfaatan Media Pembelajaran Kahoot Untuk Menghadapi Tantangan Pembelajaran PAI

Putri Nabila, Viola (Unknown)
Wahyu Tri Atmojo (Unknown)
Wanda Hamidah (Unknown)
Wenny Annisa Herawaty (Unknown)
Evi Febriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan studi literatur yang bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media pembelajaran digital, khususnya aplikasi Kahoot, dalam mengatasi tantangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di era digital. Transformasi teknologi yang pesat menuntut pendekatan pembelajaran yang inovatif agar dapat menjawab kebutuhan siswa generasi digital. Dalam studi ini, peneliti menelaah berbagai sumber literatur terkait penggunaan Kahoot dalam pembelajaran PAI dan bidang lain yang relevan. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa Kahoot secara signifikan mampu meningkatkan motivasi, partisipasi, dan pemahaman siswa melalui pendekatan interaktif dan berbasis permainan. Penggunaan Kahoot juga terbukti efektif dalam mengatasi kebosanan pembelajaran konvensional serta memperkuat komunikasi antar siswa dan guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Kahoot adalah media pembelajaran yang potensial untuk diintegrasikan dalam pembelajaran PAI guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna. Dengan demikian pemanfaatan media pembelajaran kahoot merupakan salah satu cara untuk menghadapi tantangan pembelajaran PAI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...