Penelitian ini merupakan studi literatur yang bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media pembelajaran digital, khususnya aplikasi Kahoot, dalam mengatasi tantangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di era digital. Transformasi teknologi yang pesat menuntut pendekatan pembelajaran yang inovatif agar dapat menjawab kebutuhan siswa generasi digital. Dalam studi ini, peneliti menelaah berbagai sumber literatur terkait penggunaan Kahoot dalam pembelajaran PAI dan bidang lain yang relevan. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa Kahoot secara signifikan mampu meningkatkan motivasi, partisipasi, dan pemahaman siswa melalui pendekatan interaktif dan berbasis permainan. Penggunaan Kahoot juga terbukti efektif dalam mengatasi kebosanan pembelajaran konvensional serta memperkuat komunikasi antar siswa dan guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Kahoot adalah media pembelajaran yang potensial untuk diintegrasikan dalam pembelajaran PAI guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna. Dengan demikian pemanfaatan media pembelajaran kahoot merupakan salah satu cara untuk menghadapi tantangan pembelajaran PAI.
Copyrights © 2025