Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an
Vol. 12 No. 2 (2025): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)

Pengembangan Flipbook Digital Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V

Utami, Diah Tri (Unknown)
Ansori, Isa (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Flipbook Digital berbasis model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Media Flipbook Digital berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan memperoleh kelayakan oleh ahli media dengan skor 92,17% dan ahli materi serta bahasa dengan skor 98,40%. Hasil angket respons guru sebesar 98% dan respons siswa sebesar 90,33% dengan kriteria “Sangat Valid”. Keefektifan media Flipbook Digital dilihat dari hasil uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain. Hasil uji Paired Sample T-Test pada skala kecil dan skala besar menunjukkan nilai 0,00. Sedangkan hasil uji N-Gain pada skala kecil menunjukkan nilai 0,80 dan pada skala besar menunjukkan nilai 0,76 yang keduanya termasuk dalam kategori “Tinggi”. Jadi, media Flipbook Digital berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

es

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an published scientific paper of the research result and literature review in the scope of elementary education and learning. Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an publishes scientific writings from the literature ...