Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an
Vol. 12 No. 2 (2025): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)

Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Matematika: Meningkatkan Hasil Belajar Luas Persegi Dan Persegi Panjang Kelas IV SD

Mintohari (Unknown)
Wandik (Unknown)
Ainurrohmah, Silfia (Unknown)
Nawa, Rizkiyah Khoirin (Unknown)
Sholikhah, Siti Mar'atush (Unknown)
Basuki, Swenogi Hussen (Unknown)
Wijayanti, Titik (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses belajar yang menyesuaikan keperluan belajar peserta didik. Guru memberi fasilitas kepada peserta didik sesuai dengan keperluannya, karena setiap peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga peserta didik tidak dapat diperlakukan dengan cara yang serupa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan pendekatan berdiferensiasi dalam proses pembelajaran matematika, khususnya pada materi luas. Materi yang dimaksud meliputi luas bangun datar, yaitu persegi dan persegi panjang.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru di kelasnya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. PTK melibatkan proses perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi secara berulang dalam siklus untuk memecahkan masalah pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yaitu menganalisis data dengan perhitungan untuk menghasilkan persentase Penelitian ini dilaksanakan di SDN Manukan Kulon II dan kelas IVB menjadi subjek penelitian yang terdiri dari 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pembelajaran berdiferensiasi terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, khususnya materi menghitung luas persegi dan persegi panjang

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

es

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an published scientific paper of the research result and literature review in the scope of elementary education and learning. Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an publishes scientific writings from the literature ...