Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an
Vol. 12 No. 2 (2025): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)

Analisis Miskonsepsi Materi FPB Dan KPK Pada Soal Cerita Matematika Kelas V SDN 2 Doropayung

Pratiwi, Putri Zhulian Pratiwi (Unknown)
Sunan Baedowi (Unknown)
Fine Reffiane (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Siswa sering mengalami miskonsepsi saat mengerjakan soal cerita FPB dan KPK yang menghambat pembelajaran matematika. Hal ini melatar belakangi dilakukannya penelitian yang bertujuan 1) mendeskripsikan jenis miskonsepsi yang terjadi pada siswa 2) mengetahui penyebab terjadinya miskonsepsi siswa dalam mengerjakan soal cerita FPB dan KPK. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif, pengumpulan data yang dilakukan menggunakan : wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 3 siswa kelas V SDN 2 Doropayung. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan jika terdapat miskonsepsi diantaranya Careless errors (Ketelitian), Concept errors (Kesalahan Konsep), kombinasi Careless errors dan Concept errorss (Ketelitian dan Penggunaan Konsep). Penyebab terjadinya miskonsepsi 1) soal cerita tidak mampu difahami oleh siswa 2) guru kurang bervariatif dalam memberikan soal 3) media ajar yang hanya difokuskan pada siswa tertentu. Dalam peningkatan pemahaman siswa tentang materi FPB dan KPK perlu digunakan media interaktif yang dapat difahami seluruh siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

es

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an published scientific paper of the research result and literature review in the scope of elementary education and learning. Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an publishes scientific writings from the literature ...