PESHUM
Vol. 4 No. 4: Juni 2025

Strategi Mahasiswi Kelas E1 PAI Dalam Menghadapi Tantangan Akademik

Ayu Astuti Brasa (Unknown)
Amini, Khumairoh (Unknown)
Siregar, Pani Akhiruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Mahasiswi pendidikan agama Islam (PAI) menghadapi berbagai tantangan akademik yang rumit pada saat ini . Tantangan tersebut meliputi tekanan tugas yang tinggi, keterbatasan waktu, tekanan psikologis, dan keterbatasan ilmu pengetahuan . Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkaji secara mendalam strategi yang digunakan oleh mahasiswi PAI di kelas E1Pagi dalam mengatasi tantangan akademik tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga mahasiswi PAI semester enam di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dominan meliputi manajemen waktu berbasis prioritas, internalisasi nilai-nilai keislaman , motivasi belajar, dan pencarian dukungan sosial dari kampus dan lingkungan keluarga. Selain itu, para mahasiswi menerapkan berbagai strategi lainnya seperti, pembentukan kelompok studi, pemanfaatan teknologi informasi, dan pengembangan keterampilan interpersonal. faktor-faktor lainnya yang ikut berkontribusi terhadap evektifitas strategi yang diterapkan adalah motivasi intrinsik dan lingkungan belajar yang kondusif .Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan layanan bimbingan akademik bagi para mahasiswi PAI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...