PESHUM
Vol. 4 No. 4: Juni 2025

Pengaruh Strategi Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAS Harapan Paya Bakung Kelas X

Nainggolan, Arsilla Rahmani (Unknown)
Muthiah, Asma’ (Unknown)
Raeny Surya (Unknown)
Siregar, Pani Akhiruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas 10 di SMAS Harapan Paya Bakung. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design), melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan strategi PBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa yang menggunakan strategi PBL dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai post-test siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi, menunjukkan bahwa strategi PBL efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, strategi PBL disarankan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di tingkat SMA guna meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...