Sanskara Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 3 No. 02 (2025): Sanskara Pendidikan dan Pengajaran (SPP)

Analisis Bibliometrik tentang Universal Design for Learning dalam Pembelajaran Abad ke-21

Judijanto, Loso (Unknown)
Rusdi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren publikasi, kolaborasi penulis dan institusi, serta perkembangan tematik dalam studi Universal Design for Learning (UDL) dalam konteks pembelajaran abad ke-21 melalui pendekatan bibliometrik. Data dikumpulkan dari basis data Scopus dengan rentang waktu 2010–2024 dan dianalisis menggunakan perangkat lunak VOSviewer. Hasil analisis menunjukkan bahwa Amerika Serikat merupakan pusat kolaborasi global dengan keterhubungan luas terhadap negara lain, sedangkan negara-negara Asia Timur mendominasi produktivitas penulis dalam klaster tersendiri. Secara tematik, literatur UDL berkembang ke arah dua kutub utama: pendekatan pedagogi inklusif dan integrasi dengan teknologi cerdas seperti machine learning dan artificial intelligence. Visualisasi temporal dan heatmap mengungkapkan bahwa topik-topik berbasis teknologi cenderung meningkat dalam tiga tahun terakhir, menunjukkan pergeseran fokus riset ke arah personalisasi pembelajaran berbasis data. Temuan ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai arah perkembangan UDL dan membuka peluang integrasi multidisipliner dalam menjawab tantangan pendidikan digital yang inklusif dan adaptif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

spp

Publisher

Subject

Education

Description

Sanskara Pendidikan dan Pengajaran dengan nomor registrasi E-ISSN 2985-752X (Online) dan P-ISSN 2986-5875 (Cetak) adalah jurnal akademik yang memfokuskan pada topik-topik terkait Pendidikan dan Pengajaran di Indonesia dan Asia Tenggara. Jurnal ini diterbitkan tiga kali setahun (Februari-Mei, ...