Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren publikasi, kolaborasi penulis dan institusi, serta perkembangan tematik dalam studi Universal Design for Learning (UDL) dalam konteks pembelajaran abad ke-21 melalui pendekatan bibliometrik. Data dikumpulkan dari basis data Scopus dengan rentang waktu 2010–2024 dan dianalisis menggunakan perangkat lunak VOSviewer. Hasil analisis menunjukkan bahwa Amerika Serikat merupakan pusat kolaborasi global dengan keterhubungan luas terhadap negara lain, sedangkan negara-negara Asia Timur mendominasi produktivitas penulis dalam klaster tersendiri. Secara tematik, literatur UDL berkembang ke arah dua kutub utama: pendekatan pedagogi inklusif dan integrasi dengan teknologi cerdas seperti machine learning dan artificial intelligence. Visualisasi temporal dan heatmap mengungkapkan bahwa topik-topik berbasis teknologi cenderung meningkat dalam tiga tahun terakhir, menunjukkan pergeseran fokus riset ke arah personalisasi pembelajaran berbasis data. Temuan ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai arah perkembangan UDL dan membuka peluang integrasi multidisipliner dalam menjawab tantangan pendidikan digital yang inklusif dan adaptif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025