Pembentukan karakter sejak usia dini dengan konsistensi dan memiliki potensi untuk menjadi bagian tak terpisahkan dari individu saat dewasa. Menanamkan kebiasaan positif sejak usia dini merupakan langkah penting dalam memaksimalkan pendidikan karakter, dengan melibatkan semua elemen sekolah dalam memupuk nilai-nilai baik pada peserta didik. Tingkat satuan pendidikan termasuk sekolah dasar, pendidikan karakter dilaksanakan berdasarkan penentuan prioritas pengembangan nilai-nilai yang terkandung dalam pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis pengintegrasian nilai-nilai karakter Pelajar Pancasila berbasis Daarul Qur’an Method dalam Intrakurikuler sekolah. Jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas III. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan trianguasi teknik dan triangulasi data. Analisis data menggunakan yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka pengintegrasian karakter Pelajar Pancasila berbasis Daarul Qur’an Method dalam Intrakurikuler diintegrasikan dalam kurikulum, manajemen kelas, penggunaan metode pembelajaran, pemebelajaran tematis dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), gerakan literasi, dan bimbingan konseling. Pengintegrasian tersebut melalui beberapa program kegiatan sekolah seperti Khutbatul Iftitah, Festival Muharram, Independence day and excul display, Maulid Nabi Muhammad SAW, Outbound, Festival P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) ke 1,  DaQu Edutainment, Tasmi' Al Qur'an, DaQu Camp, DaQu Edutrip,  Language and Earth Day, Spirit of Ramadhan,  Baksos, Ifthar Jama'i, Halal bi Halal, Gerakan Sedekah Nasional, Business Day dan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) ke 2, DaQu Fest, Tasmi' Week, WTN (Wisuda Tahfizh Nasional).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024