Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan
Vol 4 No 2: Juni (2025)

Penerapan Teori Seni Rupa dalam konteks Meningkatkan Hasil BelajarSiswa SMK Negeri 2 Gowa pada Pembelajaran Tata Rias (Face Painting)

Rizal Pratama, Musfir (Unknown)
Suherman (Unknown)
Gazali, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Pendidikan seni rupa memiliki peran penting dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa, khususnya dalam bidang tata rias seperti Face Painting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan teori seni rupa dalam konteks meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Kecantikan di SMK Negeri 2 Gowa. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-shot case study, melibatkan 11 siswa sebagai sampel yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori seni rupa secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa, dengan peningkatan nilai posttest dan persentase kategori tinggi mencapai 81,19%. Selain itu, implementasi unsur-unsur seni rupa seperti warna, garis, dan bentuk secara lebih variatif dan harmonis meningkatkan estetika karya Face Painting siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teori seni rupa dalam pembelajaran Tata Rias (Face Painting) sangat efektif digunakan dan memiliki pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ajpp

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan atau di singkat dengan (AJPP) adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil-hasil penelitian terbaru, kajian literatur, review buku pada bidang ilmu Psikologi, konseling, pendidikan secara umum. Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan (Ajpp) terbit 3 (tiga) ...