Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
Vol 13 No 1 (2025): Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Saputra, Daniel Dwi (Unknown)
Izzatika, Amrina (Unknown)
Azizah, Alif Luthvi (Unknown)
Rini, Riswanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi permasalahan rendahnya tingkat hasil belajar peserta didik kelas IV di UPTD SD Negeri 1 Margajaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari penerapan model pembelajaran problem based learning menggunakan media Quizizz terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV. Metode yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi, dan studi dokumen. Populasi penelitian sebanyak 55 peserta didik dan sampel yang yang diambil meliputi 28 peserta didik kelas IV A (kontrol) dan 27 peserta didik kelas IV B (eksperimen). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang termasuk dalam kategori non probability sampling. Analisis data menggunakan uji t dan diperoleh nilai thitung (7,6770) > ttabel (1,6746). Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning menggunakan media Quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV di UPTD SD Negeri 1 Margajaya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, theory of learning, and dinamika ...