Pembelajaran Bahasa Indonesia seringkali dianggap kurang menarik karena masih berorientasi pada teks deskriptif dan belum terhubung secara kontekstual dengan kehidupan siswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan mengintegrasikan buku digital berbasis kearifan lokal Magelang ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa SMP sebagai upaya peningkatan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, serta penguatan karakter profil pelajar Pancasila. Mitra kegiatan adalah SMPN 11 dan SMPN 13 Kota Magelang. Metode pelaksanaan meliputi: (1) pendekatan edukatif kepada mitra sekolah; (2) identifikasi masalah dan kebutuhan pembelajaran; (3) perancangan solusi berupa media pembelajaran digital interaktif; (4) pelatihan dan pendampingan guru dalam pembuatan serta penerapan media; dan (5) evaluasi efektivitas penerapan media dan rencana keberlanjutan. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan buku digital terintegrasi lokalitas meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun pembelajaran, serta mendorong antusiasme dan pemahaman siswa. Konten berbasis budaya lokal seperti kesenian, makanan, dan tradisi, disajikan dalam format interaktif seperti kuis dan teka-teki silang, menjadikan pembelajaran lebih kontekstual dan menyenangkan. Kesimpulannya, integrasi kearifan lokal dalam buku digital efektif memperkuat keterlibatan siswa dan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia.
Copyrights © 2025