Muhadasah : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol. 7 No. 1 (2025): Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Analisis Kesalahan Sintaksis dalam Membaca Teks Bahasa Arab

Lutfiani, Yuni (Unknown)
Wahyudin, Dedih (Unknown)
Rizka Qurrota Ayuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kesalahan mahasiswa dalam membaca teks bahasa Arab serta faktor dominan yang menyebabkan kesalahan tersebut terjadi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan sumber data primer yaitu kesalahan sintaksis mahasiswa beserta data sekunder artikel terkait judul yang dibahas, teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya dimulai dengan identifikasi kesalahan, pendeskripsian bentuk kesalahan, hingga menelusuri faktor penyebab terjadi kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kesalahan sintaksis yang paling banyak terjadi terletak pada kaidah jumlah fi'liyyah (42,3%) dan 'athaf (20,8%), disamping kesalahan pada jar majrur (10,6%), idhafah (10,4%), na'at (9,9%), badal (5,1%), serta jumlah ismiyyah (0,9%). Faktor utama penyebab tejadinya kesalahan ini adalah kurangnya pemahaman mahasiswa terkait materi qawaid. Implikasi penelitian ini adalah sebagai rujukan bagi guru yang mengajarkan keterampilan membaca dan kaidah untuk mendesain materi ajar dan kegiatan belajar nya lebih menarik agar mahasiswa lebih mudah memahami kaidah serta masalah inipun dapat terpecahkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

muhad

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Muhadasah terbit sejak tahun 2018, jurnal ini merupakan jurnal Pendidikan Bahasa Arab yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu-isu yang mencakup kajian bahasa arab. Jurnal Muhadasah selanjutnya akan rutin terbit secara berkala setiap enam bulan sekali yaitu pada bulan Juni ...