Gahwa
Vol 3 No 2 (2025): JANUARY-JUNE

METODE PEMBELAJARAN DALAM FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM: STUDI KOMPARASI KONSEP TA’LIM, TARBIYAH, DAN TA’DIB

Hikam Al Ghifari, Fahmil (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan konsep ta’lim, tarbiyah, dan ta’dib dalam filsafat pendidikan Islam serta implikasinya terhadap metode pembelajaran. Ketiga konsep ini sering digunakan secara sinonim, namun memiliki perbedaan mendasar dalam tujuan, pendekatan, dan dampaknya terhadap praktik pendidikan. Ta’lim berfokus pada transfer ilmu pengetahuan, tarbiyah menekankan pembinaan holistik peserta didik, sedangkan ta’dib mengarahkan pendidikan pada pembentukan adab dan karakter mulia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research), mengkaji literatur klasik dan kontemporer dari tokoh seperti Al-Ghazali, Ibn Qayyim al-Jawziyyah, dan Syed Naquib al-Attas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga konsep tersebut saling melengkapi dan perlu diintegrasikan dalam sistem pendidikan Islam untuk mencapai tujuan yang holistik: menghasilkan insan yang berilmu, berakhlak, dan beradab. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran pendidikan Islam yang seimbang antara aspek kognitif, afektif, dan spiritual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gahwa

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

AIM : Gahwa, Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk menjadi platform utama dalam menyebarluaskan penelitian dan diskusi ilmiah mengenai pendidikan agama Islam, dengan fokus pada inovasi, teori, dan praktik yang memperkaya pemahaman serta implementasi pendidikan agama dalam konteks modern. SCOPE: 1. ...