Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara big five personality traits yang mencakup 5 dimensi yaitu conscientiousness, openness to experience, extraversion, neuroticism, dan agreeableness dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Negeri 1 Kota Tomohon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 172 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Variabel Prokrastinasi Akademik dalam penelitian ini diukur menggunakan Academic Procrastination dan Big Five Personality traits diukur menggunakan alat ukur Big Five Inventory (BFI). Hasil uji validitas pada Academic Procrastination ditemukan bahwa 27 aitem dinyatakan valid, sedangkan uji validitas BFI 40 aitem dinyatakan valid. Data penelitian ini di analisis menggunakan korelasi pearson dan hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif antara big five personality dengan prokrastinasi akademik dan masuk ke dalam derajat korelasi sedang. Sementara itu, hubungan antara masing-masing dimensi big five personality dengan prokrastinasi akademik ditemukan bahwa pada dimensi openness to experience (Sig= 0.001), conscientiousness (Sig= 0.000), extraversion (Sig= 0.000), dan agreeableness (sig= 0.000) berkorelasi negatif dan dimensi neuroticism (Sig= 0.000) berkorelasi positif pada siswa SMA Negeri 1 Kota Tomohon.
Copyrights © 2025