Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 13 No. 2 (2024)

ANALISIS ASPEK KOGNITIF DAN NON-KOGNITIF MELALUI IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS VIII SMP NEGERI 25 PEKANBARU

Yusra, Amrina Yusra (Unknown)
Zulhelmi (Unknown)
Irianti, Mitri (Unknown)
Syaflita, Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Pembaharuan kurikulum menjadi tantangan baru di ranah pendidikan untuk mampu menciptakan karakteristik siswa berdasarkan proses evaluasi belajar mengajar di kelas. Dampak pembaharuan dapat dilihat berdasarkan ada tidaknya kegiatan stimulus sebelum memasuki pembelajaran. Kurikulum merdeka memungkinkan guru untuk berfokus pada kemampuan dan karakteristik siswa saat menerapkan kurikulum yang disesuaikan dengan bakat dan minat siswa. Penelitian dilakukan dari November hingga Desember 2023 di SMP Negeri 25 Pekanbaru, yang melibatkan 193 siswa di kelas VIII, yang melakukan asesmen diagnostik pada materi pesawat sederhana untuk mengetahui kemampuan kognitif dan sikap belajar siswa. Metode sampel proporsional random digunakan untuk pengambilan sampel. Berdasarkan hasil perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin dengan kepercayaan 90% dan taraf kesalahan 10%, sampel sebanyak 66 siswa diambil. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Instrumen penelitian terdiri dari tes kognitif dengan model soal pilihan ganda sebanyak 15 butir soal pada materi pesawat sederhana dan tes non-kognitif dengan model angket sikap belajar sebanyak 25 butir pernyataan yang diberikan kepada siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian bermanfaat sebagai pedoman dalam penerapan asesmen diagnostik serta dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan non-kognitif siswa pada materi pesawat sederhana di kelas VIII.

Copyrights © 2024