CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 9, No 1 (2025)

LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) BERBASIS EDUCATION SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) PADA MATERI BIOPOLIMER

Pratiwi, Alfira Julian (Unknown)
Ardila, Mutia (Unknown)
Samosir, Rafidah Almira (Unknown)
Arif Kurniawan, Ekin Dwi (Unknown)
Ridho, Dimas (Unknown)
Ningsi, Rira Octa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang lembar kerja mahasiswa (LKM) berbasis Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan (ESD) pada bahan biopolimer. Lembar kerja ini diharapkan dapat digunakan dalam penelitian lebih lanjut dan membantu mahasiswa memahami pentingnya pembangunan berkelanjutan melalui topik biopolimer sebagai solusi permasalahan lingkungan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui Focus Group Discussion (FGD). FGD dilakukan pada tahap pra-penelitian untuk mendapatkan masukan awal dan menyiapkan desain LKM yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja yang dikembangkan dinilai layak setelah mengalami revisi berdasarkan masukan dari para ahli di bidang material, desain, dan pedagogi. Oleh karena itu, produk akhir dinyatakan valid dan direkomendasikan untuk diuji dalam pembelajaran biopolimer di tingkat universitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...