Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling
Vol. 5, No. 2: November 2018

Meningkatkan Keaktifan Belajar melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 17 Palembang

Sofah, Rahmi (Unknown)
Huda, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui layanan klasikal dengan menggunakan video audi visual pada siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 17 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK,) dengan subjek penelitian siswa 33 orang siswa, terdiri dari laki-laki 19 orang dan perempuan 14 orang. Adapun tahapan dalam penelitian ini terdiri dari empat fase yaitu planning, action, observation dan reflection. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Teknik analisis yang dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan media audio visual memberikan peningkatan terhadap keaktifan belajar siswa. Sebelum tindakan tidak ada siswa yang masuk kategori sangat aktif. Setelah diberikan tindakan siswa relatif masuk kategori sangat aktif dan aktif. Dengan menggunakan media video memungkinkan siswa tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran serta memudahkan siswa untuk memahami materi layanan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JKK

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Lingkup Jurnal Konseling komprehensif ialah bimbingan dan konseling, Bimbingan Konseling Islam, Konseling Keluarga, Konseling Karir, Bimbingan konseling Anak Usia Dini, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Psikologi Pendidikan, Konseling Anak Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan ...