Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling
Vol. 6, No. 2: November 2019

Upaya Meningkatkan Pemahaman Disiplin Siswa melalui Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri 9 Palembang

Zulbahri, Zulbahri (Unknown)
Harlina, Harlina (Unknown)
Dewi, Ratna Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman disiplin siswa melalui layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas IX 10 SMP Negeri 9 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK,) dengan subjek penelitian siswa 30 orang siswa, terdiri dari laki-laki 13 orang dan perempuan 17 orang. Adapun tahapan dalam penelitian ini terdiri dari empat fase yaitu planning, action, observation dan reflection. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Teknik analisis yang dilakukan dengan menggunakan deskriptif kuantitaif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan media audio visual memberikan peningkatan terhadappemahaman disiplin siswa. Sebelum tindakan tidak ada siswa yang masuk kategori tinggi. Setelah diberikan tindakan siswa relatif masuk kategori tinggi. Dengan menggunakan media video memungkinkan siswa tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran serta memudahkan siswa untuk memahami materi layanan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JKK

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Lingkup Jurnal Konseling komprehensif ialah bimbingan dan konseling, Bimbingan Konseling Islam, Konseling Keluarga, Konseling Karir, Bimbingan konseling Anak Usia Dini, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Psikologi Pendidikan, Konseling Anak Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan ...