Abstrak Hasil belajar peserta didik yang kurang maksimal pada mata pelajaran  PPKn menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IVB SDN Jajar Tunggal III Surabaya dalam materi gotong royong dengan model pembelajaran Project Based Learning yaitu membuat proyek berupa peta konsep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Desain penelitian tindakan kelas ini di angkat berdasarkan model Kemmis & Mc. Taggart yang dikenal dengan sistem spiral yaitu dimulai dengan rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil temuan yang di dapatkan dalam penelitian ini yaitu pada kegiatan prasiklus menunjukkan nilai rata-rata dari 28 peserta didik yaitu 79,1 dengan kategori tuntas sebanyak 18 peserta didik, dan tidak tuntas sebanyak 10 peserta didik serta persentase ketuntasan sebesar 64%. Pada siklus 1, nilai rata-rata peserta didik naik menjadi 82,5, dengan kategori tuntas sebanyak 25 peserta didik, dan tidak tuntas sebanyak 3 peserta didik. Persentase ketuntasan mengalami peningkatan menjadi 89%. Pada siklus II, nilai rata-rata peserta didik naik menjadi 88,2 kategori semua peserta didik tuntas dengan ditunjukkan persentase ketuntasan mengalami peningkatan yang sangat baik hingga mencapai 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024