Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 6, No 1 (2024)

Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Materi Menghitung Luas Bangun Datar Menggunakan Satuan Tidak Baku

Syafa'ah, Alvy Alfiatus (Unknown)
Roosyanti, Anna (Unknown)
Sugiarti, Sugiarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2024

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III pada materi menghitung luas bangun datar dengan satuan tidak baku di SDN Babatan IV/459 Surabaya. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus pembelajaran. Setiap siklus pembelajaran melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan tes (asesmen). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta lembar tes (asesmen) hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi menghitung luas bangun datar dengan satuan tidak baku. Hasil penelitian didapatkan ketercapaian hasil belajar menunjukkan bahwa pretest hasil belajar siswa pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 66,7 sedangkan untuk rata-rata nilai hasil belajar posttest mendapatkan nilai 79,6 terjadi peningkatan sejumlah 18% pada siklus I. Peneliti melanjutkan ke siklus II, di mana rata-rata nilai pretest yang diperoleh adalah 81,7. Sementara itu, rata-rata nilai hasil belajar posttest mencapai 93, menunjukkan peningkatan sebesar 14% pada siklus II. Dengan demikian penerapan Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi menghitung luas bangun datar dengan satuan tidak baku.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

trapsila

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal Trapsila focuses on theoretical issues and pedagogical practices in elementary education. The Journal welcomes submissions on all aspects of Elementary Education in the form of articles that report original research, analyze practice, discuss local and national policy and initiatives, offer ...