Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya pemahaman konsep IPA siswa akibat dominasi model pembelajaran konvensional yang tidak mengaitkan materi dengan konteks nyata kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Model Contextual Teaching Learning dalam meningkatkan pemahaman konsep bagian-bagian tumbuhan pada siswa kelas IV SDN Inpres Kananga 1. Pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu one group pretest-posttest digunakan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Contextual Teaching Learning terhadap peningkatan pemahaman siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal, dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai dari 47,0 (pretest) menjadi 82,3 (posttest), dengan selisih sebesar 35,3 poin. Seluruh siswa mencapai ketuntasan belajar, dan analisis paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang sangat signifikan (p < 0,001). Perhitungan N-Gain menghasilkan rata-rata skor sebesar 0,67 yang berada pada kategori sedang dan persentase N-Gain score sebesar 67,07 yang termasuk kategori cukup efektif. Temuan ini menunjukkan bahwa Model Contextual Teaching Learning bukan hanya mampu meningkatkan pemahaman konseptual siswa secara signifikan, tetapi juga menciptakan proses belajar yang lebih aktif, reflektif, dan bermakna. Dalam hal ini, peneliti membagikan informasi yang strategis untuk mengembangkan model yang lebih aplikatif dalam pembelajaran IPA yakni model Contextual Teaching Learning pada jenjang sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025