Jurnal Basataka (JBT)
Vol. 8 No. 1 (2025): Juni 2025

RESPON SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA CLASSPOINT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI

Permatasari, Silvia (Unknown)
Rahayu, Anisa Putri (Unknown)
Sartika, Rina (Unknown)
Lolita, Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media ClassPoint dalam pembelajaran menulis teks argumentasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya media interaktif yang mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada 30 siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Tambang. Instrumen angket disusun berdasarkan lima aspek, yaitu motivasi belajar, keterlibatan aktif, pemahaman materi, kenyamanan, dan efektivitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis ClassPoint. Aspek kenyamanan dan efektivitas media memperoleh skor tertinggi (masing-masing 82%), diikuti oleh pemahaman materi (80%), motivasi belajar (78,7%), dan keterlibatan aktif (76%). Temuan ini menunjukkan bahwa media interaktif seperti ClassPoint mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menulis teks argumentasi melalui peningkatan motivasi, kenyamanan, pemahaman, partisipasi siswa, dan efektivitas media.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

BASATAKA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus dan cakupan Jurnal BASATAKA adalah penelitian dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia. The focus and scope of BASATAKA Journal is research in the fields of Education, Language, and Indonesian ...