Jurnal Basataka (JBT)
Vol. 8 No. 1 (2025): Juni 2025

ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS APLIKASI KAHOOT DI SMP PANCA BUDI MEDAN

Purba, Enjelina Br (Unknown)
Barus, Pingki Sari Malem (Unknown)
Annisa, Annisa (Unknown)
Lubis, Ramadhan Saleh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Permainan berbasis digital merupakan strategi pembelajaran daring yang memanfaatkan program permainan yang dibuat khusus untuk mendukung pembelajaran. Penggunaan aplikasi Kahoot untuk membuat materi pembelajaran berbasis permainan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan antusiasme siswa dalam mempelajari bahasa Indonesia di kelas. Pada bulan September 2024, delapan siswa dari kelas VII–4 berpartisipasi dalam penelitian kualitatif ini di Sekolah Panca Budi Medan. Dengan 85% siswa melaporkan bahwa mereka merasa lebih terinspirasi untuk belajar setelah menggunakan aplikasi Kahoot, temuan penelitian menunjukkan bahwa aplikasi tersebut memiliki efek positif pada dorongan belajar siswa. Aplikasi Kahoot berdampak pada peningkatan pembelajaran bahasa Indonesia siswa di kelas, menurut temuan penelitian yang dilakukan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

BASATAKA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus dan cakupan Jurnal BASATAKA adalah penelitian dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia. The focus and scope of BASATAKA Journal is research in the fields of Education, Language, and Indonesian ...