Instructional Development Journal
Vol 8, No 1 (2025): IDJ

Inovasi Pembelajaran Matematika: Modul Berbasis Etnomatematika Budaya Melayu Riau untuk Penalaran Matematis Siswa

Ria, Serly Okta (Unknown)
Nurdin, Erdawati (Unknown)
Nuh, Zulkifli M (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul ajar matematika berbasis budaya Melayu Riau untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Desain penggembangan ADDIE digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket dan tes. Hasil menunjukkan bahwa modul ajar valis, praktis dan efektif. Siswa lebih mudah memahami materi tabung karena dihubungkan dengan budaya mereka dan pembelajaran menjadi lebih bermakna. Integrasi budaya Melayu Riau dalam modul ajar yang dikembangkan terbukti meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Disarankan pengembangan modul ajar terintegrasi budaya untuk materi lainnya, digitalisasi modul juga bianjurkan agar lebih mudah diakses dan sesuai kebutuhan pembelajaran masa kini

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...