Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 5 No. 1 (2025): Januari-April 2025

Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Mengkreasi Pengetahuan Konseptual dan Prosedural Mahasiswa

Kalsum, Ummi (Unknown)
Ferazona, Sepita (Unknown)
Mellisa, Mellisa (Unknown)
Yuliawan, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas model Flipped Classroom Berbasis Proyek (FCBP) dalam meningkatkan kemampuan mengkreasi pengetahuan konseptual dan prosedural mahasiswa menggunakan pendekatan penelitian kuasi eksperimen. Responden penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan biologi Universitas islam riau. Data diperoleh dari hasil pre-test dan post-test kemampuan mengkreasi pengetahuan konseptual dan prosedural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran FCBP dapat meningkatkan kemampuan mengkreasi pengetahuan konseptual dan prosedural mahasiswa berdasarkan nilai n-gain pada kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dan hasil uji independent sample t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan pada rata-rata kemampuan mengkreasi pengetahuan konseptual dan prosedural mahasiswa. Integrasi flipped classroom dan pembelajaran berbasis proyek dalam model FCBP terbukti efektif dalam pembelajaran biologi yang kontennya bisa menjadi kompleks dan berkembang. Pembelajaran ini mampu mengalihkan fokus dari pengajaran berbasis perkuliahan yang pasif ke pembelajaran aktif yang berpusat pada mahasiswa, mahasiswa akan lebih siap untuk menavigasi tantangan yang dinamis ini dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk sukses. Prinsip dan framework pembelajaran berbasis proyek yang membangun model pembelajaran FCBP berkontribusi terhadap peningkatan kemampuan mengkreasi mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...